Selasa, 10 Februari 2009

UANG 500 RUPIAH SANG PENYELAMAT


Pernah gak kamu ngalamin kejadian yg paling konyol dalam hidup loe? Pasti ada lah ya… Pernah juga kan ngalamin kejadian paling memalukan dalam hidup loe? Iya juga kan…

Nah, pada suatu hari… (taela kayak permulaan cerita dongeng, hehehe…), saya kehabisan uang belanja. Waktu malemnya, saya membatin besok tinggal minta ah ama misua, tapi besok paginya saya malah lupa berat. Suami berangkat kerja dan saya baru sadar pas mau ke warung, waktu ngintip dompet, ya ampun uangku tinggal 5 rb doang. Ya udah, saya urungkan niat belanja sayur, dg rencana ambil uang dulu di ATM, pulangnya baru beli makanan matang di warung padang.

Setelah merapikan Haura, ada juga rasa was-was di hati. Ini uang di dompet bener2 cuma pas buat ongkos angkot pp (pulang-pergi), khawatir ada apa-apa saya cari2 uang receh, di dompet cuma ada logam cepek, dua ratusan dan gopek yg kalo ditotal berjumlah 3rb. Saya pikir cukuplah, kan ATMnya deket. Maka dg pedenya saya berangkat bersama gadis kecilku.

“Mi, pulang dari ATM, kita ke Alfa ya..” Seperti biasa putriku itu paling suka jajan makanan di Alfamart/Indomaret dekat rumah, baginya dua toko nirlaba itu sama2 bernama Alfa. “Ok..” Lalu kamipun naik angkot D-04 ke arah terminal Depok.

Tiba di ATM Mandiri, ketika masuk, saya lihat ada tulisan kurang lebih isinya minta maaf ATM sdg tidak bisa digunakan. Ya ampun, saya mulai dag dig dug. Haduh, gimana nih, karena bingung dan gak pake mikir, saya naik angkot lagi menuju ATM yg lain di dekat pasar Nusantara. Sampai sana, lagi2 di ATMnya ada tulisan yg sama. Waduh saya bener2 kehilangan akal sehat, shg bukannya pulang dulu ambil buku tabungan, saya malah tetap melanjutkan naik angkot ke BSM Margonda depan terminal.

Sampai di bank, dg penuh harap saya menuju teller, dan sesuai prosedur, saya tidak bisa mengambil uang tunai karena tidak membawa buku tabungan. ATM baru bisa digunakan kembali jam 3 sore. Ya ampun, saya lirik jam arloji saya masih jam 10 pagi, masak saya harus menunggu selama itu. Malah perut mulai laper pula. Kasihan juga kan putri kecil saya. Saya ingat di rumah masih ada stok makanan instan, yaitu mie, telur dan corned. Akhirnya saya memilih untuk pulang saja, dari terminal Depok tinggal naik sekali angkot menuju rumah.

Pas di dalam angkot, saya baru nyadar kalo uang saya yang tersisa cuma 2000 rupiah, haduh kurang 500 buat bayar ongkos pulang. Angkot terus berjalan dan saya bener2 merasa sangat-sangat bodoh. Kenapa saya tadi nekat ke BSM tanpa membawa buku tabungan, dan sekarang saya bakal kena omel sang sopir krn ongkos yg kurang. Apa saya jujur saja ya sama si abang kalo saya bener2 tidak punya uang. Haduh… malunya itu minta ampun. Saya berdoa pada Allah agar diberi pertolongan. Saya mulai mengkhayal dg harap khayalan mjd nyata, ada teman saya yg tiba2 naik angkot ini. Lalu saya telp adik bungsu saya (berhub kampusnya dekat rumah saya), berharap dia bisa menjemput kami di depan gang dan membayar ongkos yg kurang. Ternyata hp dia gak aktif. Di saat bingung itu, saya teringat untuk mengorek2 bagian dalam tas kecil saya, biasanya saya suka menaruh uang recehan kembalian di kantong resleting tas. Di kantong itu saya menemukan permen (yg langsung saya makan saking stresnya), kertas struk belanja, dan akhirnya ada sebuah logam kuning yg saya cari2. Uang 500 rupiah, sang penyelamat…!!! Alhamdulillah, batin saya menjerit gembira dan bersyukur. Haru menyeruak hati ini.

Alhamdulillah uang 500 rupiah ini telah menyelamatkan saya dari kebodohan saya, yang tidak berpikir matang dalam bertindak.
Bener-bener pengalaman konyol dan memalukan yaaa…?

Tidak ada komentar: